Monday, November 7, 2011

Contoh Makalah Sistem Operasi Linux

Contoh Makalah Sistem Operasi Linux - Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membagikan mengenai Contoh Makalah Sistem Operasi Linux.Setelah di beberapa Contoh Makalah yang saya berikan,sepertinya saya belum memberikan Contoh Makalah Sistem Operasi Linux.Berikut ini adalah sedikit dari saya mengenai Contoh Makalah Sistem Operasi Linux.

Konsep Dasar Partisi Linux

Konsep dasar partisi di linux sebenarnya tidak jauh berbedadengan partisi harddisk di windows. Perbedaanya adalah konsep dasarpartisi linux ditambahkan partisi untuk ruang swap (maksudnya partisiyang berfungsi sebagai virtual memory/memory tambahan).

Ruang swap inilah yang bekerja apabila memori RAM fisik kitabekerja lebih keras dari biasanya. Maka data yang berlebihan langsungdiproses ke ruang swap.Seperti yang kita ketahui pada windows kita mengenal partisi C:,D: - Z: (knpa gk mulai dari A dan B) :D

konsep pemartisian di linux terdiri dari primary, logical dan extended.Pemartisian pada linux haruslah mempunyai primary partisi, yang nantinya akan menjadi mount point.

Pada sistem operasi berbasis Unix dan Unix-like seperti Linux dan Mac OS X,pembuatan partisi terpisah untuk /boot, /home, /tmp, /usr, /var, /opt, swap dan seluruh file yang lain sangatlah memungkinkan. Skema partisi serperti itu memiliki beberapa keuntungan, jika salah satu filesystem mengalami kerusakan, data ataupun file-file milik sistem operasi tdak akan bermasalah.

Master Boot Record adalah sebutan untuk sektor yang paling ujung awal dari sebuah harddisk. Didalam MBR terdapat hal-hal seperti berikut:

• Kode booting ke sistem operasi, kode booting ini yang membuat harddisk dapat booting ke sistem operasi. Kode ini disebut juga dengan Master Boot partisi dan filesystem di Linux

pada Ubuntu kita mengenal grub,burg,dan LILO sebagai boot manager,fungsi dari boot loader ini, memungkinkan kita agar bisa menggunakan lebih dari 1 sistem dalam satu hardisk.

Mungkin sekian dulu informasi sederhana saya mengenai Contoh Makalah Sistem Operasi Linux.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment