Tuesday, January 3, 2012

Pengertian Internet Banking

Pengertian Internet Banking | Internet Banking - Pada kesempatan kali ini saya mencoba memberikan mengenai Pengertian Internet Banking.Banyak yang sudah menggunakan Internet Banking namun masih banyak juga diantara mereka yang belum mengerti mengenai Pengertian Internet Banking.Berikut ini akan saya jelaskan mengenai Pengertian Internet Banking.

Pengertian internet banking adalah pemanfaatan tekhnologi internet, sebagai media untuk melakukan transaksi yang berhubungan dengan transaksi perbankan. Kegiatan ini menggunakan jaringan internet, sebagai perantara atau penghubung antara nasabah bank dan pihak bank. Selain itu, bentuk trasaksi yang dilakukan pun bersifat maya, atau tanpa memerlukan proses tatap muka antara nasabah dan petugas bank yang bersangkutan.

Dari pengertian internet banking tersebut, dapat diartikan sebagai sebuah proses pemindahan transaksi perbankan dari yang bersifat konvensional menjadi digital. Transaksi konvensional adalah sebuah transaksi yang memerlukan interaksi secara langsung antara nasabah dan petugas bank. 

Di sini terjadi kontak fisik antara kedua pihak dan bisa memunculkan komunikasi verbal. Sedangkan transaksi digital, tidak memerlukan interaksi fisik dan komunikasi yang terjalin adalah melalui komunikasi tertulis dengan perantara internet.

Internet Banking Di Indonesia

Di Indonesia sendiri, pemanfaatan transaksi internet banking belum sebanyak transaksi yang menggunakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Meski kedua jenis layanan tersebut memiliki fungsi sama, yakni menggantikan peran manusia dengan mesin sebagai pelayan nasabah.

Transaksi internet banking di Indonesia mulai dikenal sejak tahun 2000, bersama dengan pengenalan mobile banking yang menggunakan piranti handphone. Namun perkembangan internet banking kurang begitu pesat, salah satunya disebabkan masih rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat akan keamanan menggunakan internet banking.

Tips Aman

Untuk itu ada beberapa tips aman menggunakan internet banking. Di antaranya : 
Simpan password atau pin dari account internet banking Anda. Jangan sampai password ini diketahui oleh siapapun. Akan lebih baik, secara berkala lakukan pergantian password atau PIN ini. Jangan gunakan data pribadi sebagai password, seperti tanggal lahir atau nama Anda.

Jangan menggunakan transaksi internet banking di komputer publik, seperti warung internet. Gunakan selalu komputer pribadi Anda.

Pastikan alamat internet banking yang Anda ketik, adalah sesuai dengan alamat internet banking dari bank Anda. jangan sampai terjadi salah tulis, karena bisa berakibat fatal pada kerahasiaan data rekening Anda. 

Pastikan Anda sudah melakukan log out setelah selesai menggunakan fasilitas internet banking. Jangan tutup layar Anda, ketika belum melakukan log out dari akun internet banking Anda.Sekian informasi mengenai Pengertian internet banking.

No comments:

Post a Comment