Thursday, January 12, 2012

Pengertian CPU


Pengertian CPU - Pengertian CPU dapat kita lihat dari kepanjang CPU itu sendiri. CPU merupakan kepanjangan dari Central Processing Unit atau dalam bahasa Indonesia diartikan Unit Pengolah Pusat.Sehingga pengertian CPU juga bisa bergeser menjadi otak dari komputer. Karena  CPU merupakan pusat pengolahan data dalam sebuah komputer.

Sebagai pusat atau otak dari sebuah komputer CPU terdiri dari 3 kompnen utama yaitu unti kendali, unit aritmatika dan unti logika.Jadi selain sebagai alat hitung dan mengelola data aritmatika, CPU juga bisa mengolah data yang bersifat logika. Atau secara singkatnya CPU selain bisa menghitung juga bisa membandingkan.
Oleh karena itu kinerja komputer sangat bergantung pada kualitas dan teknologi yang diterapkan pada CPUnya sendiri.Bagi orang awam pengertian CPU bisa juga diartikan sebagai peosessor. Namun tak jarang juga pengertian CPU berubah bukan berdasarkan fungsinya tapi berdasarkan bentuk.
Misalnya ada orang yang bertanya kenapa CPU komputernya kotor. Padahal kalau diliat pengertian CPU sebagai otka dari komputer. CPU tidak mungkin kotor.
Karena walaupun diartikan sebagai otak komputer, CPU tidak bisa menjadi seperti otak manusia yang bisa berpikir sendiri dan memikirkan hal – hal kotor menurut anggapan sebagian orang.Sekian informasi sederhana saya mengenai Pengertian CPU.

No comments:

Post a Comment