Tuesday, December 20, 2011

Contoh Memasang Kabel UTP RJ45

Contoh Memasang Kabel UTP RJ45 | Jenis Kabel UTP RJ45 | Cara Memasang Kabel UTP RJ45 - Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memberikan informasi sederhana mengenai bagaimana Cara Memasang Kabel UTP RJ45.Namun,sebelum membahas tersebut ternyata banyak yang belum mengetahui mengenai Jenis Kabel UTP RJ45.Oleh karena itu saya mencoba memberikannya.


Berikut ini adalah sedikit Pengertian Kabel UTP RJ45 yang akan saya berikan kepada teman - teman semuanya.Kabel UTP sebetulnya ada beberapa kategori yaitu dari kategori 1 – 7 yang sering digunakan untuk LAN biasanya kategori 5 atau sering disebut cat-5. 

Berikut ini kegunaan dari kabel kategori 1 – 7 diambil dari wikipedia.
  • cat 1: sebelumnya dipakai untuk POST (Plain Old Telephone Service) telephone dan ISDN.
  • cat 2: dipakai untuk token ring network dengan bw 4mbps
  • cat 3: dipakai untuk data network dengan frequensi up to 16Mhz dan lebih populer untuk pemakaian 10mbps
  • cat 4: Frequensi up to 20Mhz dan sering dipakai untuk 16mbps token ring network.
  • cat 5: Frequensi up to 100Mhz dan biasa dipakai untuk network dengan kecepatan 100Mbps tetap kemungkinan tidak cocok untuk gigabyte ethernet network.
  • cat 5e: Frequensi dan kecepatan sama dengan cat-5 tetapi lebih support gigabyte ethernet network.
  • cat 6: Memiliki kecepatan up to 250Mbps atau lebih dari dua kali cat-5 dan cat-5e
  • cat 6a: Kabel masa depan untuk kecepatan up to 10Gbps
  • cat 7: di design untuk bekerja pada frequensi up to 600Mhz.
Sudah jelas bukan ?? Berikut ini akan saya bagikan informasi lainnya mengenai Susunan kabel standar menurut warna pada posisi stright dan pada posisi cross.Setelah anda tahu alat-alat yang diperlukan untuk pemasangan kabel UTP ke RJ-45 soket, sekarang ada istilah dalam stright dan crossover dalam cabling.

Dari 8 kabel (4 pair) UTP kabel, yang terpakai sebetulnya hanya 4 kabel (dua pair). dua kabel untuk TX atau transfer data dan dua kabel untuk RX atau menerima data. Walaupun hanya empat kabel yang terpakai, kita tidak boleh sembarangan mengambil kabel mana saja yang akan dipakai. Kabel yang dipakai haruslah dua pair atau dua pasang. Tanda kabel satu pasang adalah kabel tersebut saling melilit dan memiliki warna / stripe yang sama. Menurut standar TIA/EIA-568-B pasangan kabel yang dipakai adalah pasangan orange-orange putih dan hijau-hijau putih.
Sementara pin yang dipakai dari delapan pin yang dimiliki RJ-45 yang terpakai adalah Pin nomor 1-2-3-6 sementara nomor 4-5-7-8 tidak terpakai untuk transfer dan receive data Alias nganggur.
Sekian informasi sederhana saya mengenai Contoh Memasang Kabel UTP RJ45.Semoga dengan adanya artikel sederhana ini teman - teman semua jadi lebih mengetahui mengenai Jenis Kabel UTP RJ45 dan Cara Memasang Kabel UTP RJ45.

No comments:

Post a Comment